Selamat Mempuh Hidup Baru

Maret 28, 2014

Image

 

Iklan

Pak Tani “nguliahin anak” kalo mau pasti bisa

Juli 29, 2012

semangat pagi pak tani selajutnya di singkat PT, Pt, pt, pT

Minggu kedua bulan kamis 12 juni,  berangkat tes ke kota gudeg, singkat cerita keterima di Atamajaya, pak tani mulai mikir, cara terbaik pt bagi waktu untuk menyekolahkan si bungsu, pt harus bermuka dua ceritanya tetep jadi petani tapi nyabi jadi guru.

Hari jumat saat KPK ngumumin tersangka tapi pt nego menggeser jadwal awalnya jadi pak Oemar Bakri hari Senin, Rabu dan Sabtu ya katanya 24 jam/mg, hasil nego sabtu pindah selasa biar tetep 24 jam nggak melanggar pp berapa ya lupa, ini artinya kita tetep beroperasi kemas-jumat-sabtu + minggu

Terget tanaman untuk membiayai mahasiswa, sedang dianalisis butuh info dan data lebih banyak, analisa awal 1 bulan menghasilkan 1 kuntum seharga Rp 900 kalau menanam 1000 pohon dengan produksi 50% artinya produksi 1 bulan sama dengan 500 kuntum X Rp 900 hampir sama dengan Rp 450 000  di atas kertas kok mudah

Biaya modal hasil pengalaman jadi pt mulai nopember 2011, biaya bibit Rp 2 000/phn jika menanam 1000  butuh duit 2 juta, tambah poly net 1 rol @ Rp 1 300 000 dengan tiang bambu dan kawat Rp 200 000 pengolahan lahan dan pupuk kandang dan pupuk dasar untuk luas 2,5 are kurang lebih Rp 1 500 000 kalau dijumlah biar pas 5 juta

Kesimpulan diatas lembar kerja excel biaya per pohon(rumpun) 5 juta per seribu sama dengan Rp 5 000 terbilang lima ribu rupiah, hasil produksi setelah tiga empat bulan kedepan Rp 450 000 terbilang empat ratus lima puluh rupiah, jadi kalo biaya kuliah dengan rincian biaya spp Rp 2 200 000/semester biaya spp variabel Rp 2 800 000/smt kalau dijumlah lebih lebih Rp 5 ooo ooo kalau dibagi  6 bulan sama dengan Rp 833 333 ini dibulatkan jadi Rp 850 000

Saran untuk pt, sebaiknya menanam sejumlah 2 ribu tanaman siapkan lahan kurang lebih 5 are pinjamkan modal 10 juta cari pinjaman kalo bisa tanpa bunga, untuk kontrak tanah sebaiknya pakai tanah warisan manfaatkan hari kerja 3 hari/minggu (jumat, sabtu, minggu), sebaiknya sebahyang lebih dari 5 kali kalo bisa 8 kali sehari, dan minta bantuan doa dari seluruh pembaca dan followers  (sukik 2121)

Selamat sore pak Guru dan SELAMAT PAGI pak TANI

Juni 25, 2012

Lebih dari 8 bulan menunggu perbaikan nasib ubar bakri, ternyata banyak cerita yang bisa dibagi, sampai akhirnya mencoba mengalihkan perhatian ke suatu pekerjaan yang dihindari pare generasi muda, saya ingin memberi perubahan paradigma “Saya bangga jadi PETANI dan mempunyai kerja sambilan jadi GURU IT”

 

Inilah satu konsekwensi menunggu nasib, dari dinyatakan lulus sebagai Peserta PLPG yang seharusnya berhak atas tambahan  1 kali upah bulanan, kenyataan yang diterima dengan amprah hanya 1 bulan, pertanyaanya yang  5 bulan kemana itu kalau dihitung januari yang lebih sedih lagi administrasi dengan birokrasi priyayi,  bolak-balik ngelengkapi kelengkapan yang sama… dengan kesinpulan “kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah”

Kanapa harus beralih konsentrasi dari pak umar bakri ke pak Bob S, inilah kegagalan birokrasi, bukannya kita digaji untuk mengerjakan tugas dan fungsi kita masing-masing, ada yang bertugas mengajar ada yang bertugas ngurusin administrasi, ada yang ngurusin kebun, ada yang ngurusin orang lain, ada yang tak ngurusin apa-apa

Sore menjelang malam selamat istirahat pak guru dan selamat pagi pak tani kita sambut PAGI ini dengan penuh SEMANGAT, jadilah “Pasak ” lebih bermakna dari jadi TIANG

 

Operator PPDB

Mei 3, 2012

selamat pagi

Setelah merayakan hari pendidikan tahun 2012, tepatnya 3 mei 2012 mulai dengan rutinitas kegiatan mengajar dan belajar rasanya kok masih perlu belajar dan belajar terus sepanjang hari,  dengan ditambahnya bantuan koneksi dari dinas pendidikan, olah raga dan kebudayaan kota denpasar kita dapat sarana belajar lagi

operator… operator dan operator lagi dalam rangka penerimaan peserta didik baru lagi dan lagi dan lagi sampai kapan kah hurus mengabdi dengan jabatan yang itu lagi itu lagi itulah perjalanan hidup, mulai tanggal 21 mei berkutat di http://denpasar.siap-ppdb.com

perjalanan kita lanjutkan dari melepas kelas 3 menerima kelas 1 begitu bergulir dengan dinamika yang dinamis, berputar seperti roda.

Singaraja – Denpasar

Agustus 22, 2011

Hari Minggu pukul 20.15 telah selesai menyalesaikan satu kegiatan plpg, plongg… merdeka… itu kata-kata yang terlontar dari peserta plpg gelombang V untuk rombel 41 tentu dengan harapan tujuan plpg tercapai ….. amin

perjalanan masih panjang dengan beban tujuan untuk Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru kita mulai dari titik 0 bergerak dari kampus menuju htl Hawaina Jl Ahmad Yani, bermalam sekali lagi berhubung hari sudah malam untuk perjalanan, kemungkinan dalam perjalan akan berkabut sekitar Bedugul

Pagi setelah jalan-jalan ke pasar Banyumala untuk beli sarapan dan Canang,  setelah sarapan sekitar pukul 08.15 persiapan menuju denpasar bersama rombongan baca p suyasa, p mertayasa, p gunawan lanjut mampir di kampung pancasari ngopi dulu

sembil berjemur matahari pagi, p suyasa menghubungi p pasek teman dari kampung tetangga candikuning, 15 menit kemudian p pasek muncul, sekitar 1 jam berbincang ngalor ngidul dengan pengalam plpg tahun lalu dengan sekarang….. yaaa “meyenangkan” dengan kelebihan dan kekurangan kegiatan satu hal yang menarik yang jelas doeloe lebih baik dengan sekarang, terbukti  telah berisinya “bubu be misi be” Rekening bank telah berisi ikan hahahha akhirnya kita makan IKAN bakar di depan SPBU Candikuning, tapi sayang p mertayasa mendahuli, ada bel dari istrinya anaknya sakit diantar dari sekolahnya, setelah selesai makan lanjut perjalanan.

sekitar pukul 12 sampailah di Mengwi di tempat p mertayasa, perjalanan dilanjutkan ke dalung banjar untal-untal mengantar p gunawan, akhirnya nyampe 20 menit kemudian, perjalanan singaraja mengwi dalung dilanjutkan mengantar tas  p suyasa perjalanan mulai tersendat dengan KEMACETAN  kota denpasar sepanjang Gatsu dengan proyek galian pelebaran jalan serta proyek PLN macet lagi macet lagi

Pukul 13 sampai di Jl Turi 1 Denpasar tempatnya pak nym suyasa, selanjutnya baru menuju Rumah Sading…….akhirnya Turi – Sading ditempuh dalam waktu 1 jam macet di Gatsu lagi…..pukul 14 nyampe di istanaku

kontak tv satu pernyataan yang perlu disimak:

“kalo negara ini mau bermatabat kuncinya KEJUJURAN”

medio agustus perjalanan

Merdeka merdeka merdeka

Agustus 17, 2011

TBC vs GMT

dihari kemerdekaan ini ….ada 2 kejadian yang belum merdeka, tentu yang  terkat dengan GURU seorang yang digugu dan ditiru…apanya yang ditiru???

Ketika saya kirim sms ke teman-teman guru pada saat hari ulang tuhun Kemerdekaan Indonesia dengan kata yang sangat singkat “Merdeka” ada yang memebalas dari rekan guru yang berstatus HONORER….beliau sms , beliau menjawab sms saya ” Harusnya Merdeka pak, tp mati lama2 ni, honornya ga keluar… He.. he” Pada hari keerdekaan yang saharusnya Merdeka ….malah Memprihatinkan

Kejadian kedua ketika membuka emal, karena sekitar 5 hari tidak sempat buka email satu email yang membuat tertarik dengan subyek “Wah 50 persen guru di bali Gaptek'” ……. perasaannya sih kesel juga kayak tahu jumlah guru di bali aja emang sudah diadakan pendataan atau survey lah eeee ternyata setelah dibaca satu pernyaataan dari orang nomor 1 dipendidikan alias Kepala Disdikpora Bali, kita simak pernyataan beliau:

Denpasar – Dibalik keberhasilan pelajar di Provinsi Bali mengukir sukses lulus di Ujian Nasional. Sebuah fakta baru dunia pendidikan di Pulau Dewata itu mulai terkuak. Ternyata 50% guru dan tenaga pengajar di Bali diketahui tidak bisa mengoperasikan komputer alias gaptek.

Hal tersebut terungkap setelah Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga IB Anom membeberkan data kepada wartawan Kamis (9/6/2011) siang di Denpasar. Menurut IB Anom, dari sekitar 50 ribu guru dan tenaga pengajar yang ada di Provinsi Bali, diperkirakan 50% atau 25 ribu diantaranya menderita TBC alias Tidak Bisa Computer. “Angka ini sangat tinggi dan cukup mencengangkan di tengah prestasi kita yang meningkat,” kata IB Anom.

Akibat TBC alias Tidak Bisa Computer, guru dan tenaga pengajar di Bali berusaha mencari berbagai solusi dan jalan pintas murid dapat lulus Ujian Nasional (UN) dengan hasil memuaskan. “Sekarang ini banyak guru yang diketahui menyimpang dan banyak melakukan jalan pintas yakni, mereka kebanyakan tidak mau mengajari dan mendidik muridnya dengan benar, pokoknya yang penting hasil UN bagus,” Kata IB Anom.

Dari hasil pengamatan IB Anom, 50% guru yang tidak bisa mengopersikan komputer terkendala berbagai hal seperti adaptasi guru dengan tekhnologi yang masih sangat rendah. Untuk mengantisipasi dan mngurangi tingkat guru yang gaptek, IB Anom berencana akan melakukan segala model pembelajaran mengenai tekhnologi. “Ya semoga nantinya dengan cara itu kemungkinan jumlah 50% bisa berkurang,” katanya.

IB Anom menjelaskan, sebagian besar dari 50% guru yang gaptek merupakan guru dan tenaga pengajar yang bertugas di desa-desa terpelosok. “Kendala mereka adalah ketidaktersediaan aliran listrik. Jadi guru-guru di desa lebih memilih menggunakan sistem manual dalam proses belaja mengajar,” katanya.

IB Anom menambahkan, dari 176 Sekolah Dasar  yang ada di Bali, baru sekitar 60% yang sudah teraliri aliran listrik. “Pelan-pelan kami akan melakukan pembelajaran tentang teknologi agar para guru tidak gaptek lagi,” kata Anom.
Merdeka pak Anom

saya siap membantu agar guru tidak TBC, saya telah banyak dibiaya negara untuk mengembangkan IT di bali mulai 2004 saya telah difasilitasi Jakarta untuk mengembangkan ICT center kemudian mendampingi pengembangan Jardiknas di bali termasuk tempat bp bertugas di BPKB sesetan, tapi dengan 25 ribu guru cukup berat…… dengan kerjasama kita mungkin akan ringan…. kita punya sekitar 250 orang taman d3tkj yang tersebar di 9 kabupaten /kota siap membantu agar 50%  guru TBC menurun dan  bisa GMT (guru melek teknologi)

kita berharap juga dari disdikpora bali ikut memantau kegiatan PLPG kami Undiksha agar tidak  kontradiktif antara pihak undiksha dengan keinginan disdikpora bali, di era teknologi sekarang ini, kami mengikuti pendidikian dan latihan profesi guru mengerjakan tugas dengan “tulis tangan” padahal kami bawa laptop, printer termasuk LCD projector.

GMT > TBC  semoga

by: nawaikus@yahoo.com twiter:twsukiawan@twitter.com

hp: +628123987781



Semangat PLPG 2011

Agustus 12, 2011

Selamat Pagi

Kamis 11 Agustus 2011 diselenggaran kegiata PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) bertempat di Kampus Undisha Singaraja, gelombang ke V dengan jumlah peserta kurang lebih 1400 peserta di buka oleh Rektor Undisha  Prof. Dr Nyoman Sudiana bertempat di Auditorium Undiksha

Kegiatan dilaksanakan mulai  8.00 setelah pembukaan secara resmi oleh rektor kegiatan dilanjutkan dari pukul 12.00 sampai pukul 20.15 peserta dibagi menjadi 41 rombel (rombongan belajar), pada rombel 41 bergabung guru guru dengan kompetensi TIK, sejumlah 20 peserta yang terdiri dari guru-guru SMP, SMA dan SMK.

Materi diawali dengan Pre Tes, selanjutnya Pendalaman Materi tentang tik  materi tentang Elearning, Blog dapat dibaca di  tutorial-membuat-blog-gratis-di-wordpress-com-baru

singaraja hari pertama

belajar lagi

April 22, 2011

setelah menggunakan istilah selamat pagi pada hari ini jumat, 22 april 2011 menggunakan salam “Semangat Pagi”
sabil belajar ngolog lagi dirumah

Over load

Oktober 4, 2010

selamat pagi….

capek…. mana yang harus didahulukan, ada 3 even yang mesti selesai…… s pagi prof mohon ijin dimana saya bisa ketemu……. bimbingan jalan terusssss….. ok tinggal nunggu pengambilan data untuk penelitian

minggu 3 okt dah mulai pekerjaan untuk memunaikan tanggung jawab orang tua acara potong gigi Ninta ama Refi puncaknya tgl 15 otk  semangatttttttt

titititititititit….sms masuk…. pak gimana acara reuni tgl 10-10-2010 waduhhhhh…. baru 3 acara dah capek…. tolong hubungi panita ya..ya….

mana semangatmu wan….

Bagi Uang paling Habis bagi Ilmu tambah Banyak

Februari 27, 2010

Pasang “bubu” ternyata tidak banyak ikan yang masuk….. mungkin umpan yang didalanya tidak menarik

minggu ini kita ganti strategi untuk mendapatkan sharing pengetahuan dengan teman-teman senasib………. bagi teman-teman yang butuh artikel-artikel kita akan sharing dari berbagai sumber ya… tentu saja dari hasil surfing bukan tulisan sendiri

berikut artikel yang akan disharing sambil menunggu perpanjangan koneksi internet dari sponsor “smart” hari ini terakhir bebas koneksi 3 bulan besok tgl 28 pebruari 2010 kita mulai koneksi 3 bulan berikut moga koneksi makin kencang………..

variabel-variabel yang ada pada hasil penjelajahan:

aneka model pembelajaran;

metodologi dan statistik;

makalah dan artikel;

segera disharing gaya cognitif, gaya belajar, gaya berpikir, motivasi, berpikir kritis, kreativitas, ketahanmalangan, aneka tes bakat, tes iq, pskoverbal, tes gamma, aneka penilaian unjuk kerja, portopolio, inquiri, aneka statistik uji prasyarat, anava dua arah, anacova dua arah, regresi dll.

bagi-bagi yuukkkk bagi du-it  pasti habis bagi ilmu pasti nambah

selamat hari raya saraswati